Bisnis Online

This item was filled under [ Belajar Membuat Website, Bisnis Internet ]

Akhirnya tulisan ini diisi juga, terutama karena ada komentar dari Mas Rudi¬†yang web-nya keren itu, he he…

Makasih Mas Rudi atas kunjungannya….

Waktu blog ini dibuat, memang belum semua apa yang mau dimuat sudah siap tertulis. Tapi, waktu itu saya pikir daripada gak ada sama sekali, ya sudahlah, minimal ada judulnya saja dulu… Eh, kebablasan.. ada yang sudah dikembangkan dengan tulisan, ada yang kelupaan… Nah, pas judul ini yang belum sempet dikembangkan… ah… sudahlah, toh ini sudah mulai….

Jadi, kalau kita bicara bisnis online, banyak yang dapat kita lakukan. Berikut adalah beberapa yang saya tahu. Silakan lho kalau mau menambahkan…

1. Portal

Ada beberapa penyedia toko online gratis yang mempersilakan kita “membuka lapak” di situ dengan aturan tertentu. Toko-toko dikelompokkan dalam beberapa kategori sehingga pengunjung mudah untuk mencari toko atau barang yang diperlukannya.

2. Toko Online / Online Web Store

Toko Online sudah tidak asing lagi kita temui di internet. Komoditas, dan cara transaksinya juga bermacam-macam, mulai dari yang fully online, semua transaksi keuangan via fasilitas pembayaran online, maupun semi online yang masih memungkinkan interaksi penjual dengan pembeli via sms, email, chatting, de el el…

Salahsatu toko online yang saya buat untuk kegiatan istri adalah Toko Ummi yang di tahap awal memang masih sedikit dikunjungi, tapi lama kelamaan alhamdulillaah semakin bertambah pengunjungnya, dan transaksi jual beli ada beberapa yang terjadi via website ini.

3. Facebook / Social Media

Siapa yang tidak tahu Facebook saat ini? Ya, walaupun ada beberapa orang yang tidak mau ber-FB ria, setidaknya mereka tahu adanya facebook. Kreatifitas kita selalu bisa mensiasati media sosial ini untuk berjualan. Salahsatu yang dilakukan istri saya berjualan di FB adalah membuat account Toko Ummi versi FB dan kemudian diikuti dengan Fan Page-nya…

4. Mailing List

Ada beberapa mailing list yang dibuat untuk kepentingan mempertemukan pembeli dan penjual, atau calon pelaku bisnis lainnya. Malalui mailing list ini para anggota saling bertukar informasi terkait apa yang mau dijual dan apa yang diperlukan. Transaksi selanjutnya biasanya dilakukan masing-masing.

5. Dan lain-lain pokoknya selama itu terhubung ke internet (online) dan ada unsur bisnis, bisa dikatakan sebagai bisnis online.

 

Masih bingung mulai dari mana?

Jangan bingung, mulailah dari yang paling kita mengerti dulu, kalau sudah memiliki email, mulai dari mencari mailing list untuk berbisnis. Setelah itu, bisa mulai buat akun media sosial, atau daftar di forum2 jual beli. Kalau sudah lebih advance lagi, bisa membuat blog gratisan, selanjutnya bisa membuat toko online sendiri.

Selamat mencoba kawan, semoga sukses….

 

 

Share
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

5 Comments on “Bisnis Online”

  • 21 March, 2012, 2:22

    Lhoh,, mana nih gan tulisannya ? :o

  • 28 March, 2013, 22:35

    thanks berat nih bro..
    artikelnya bisa buat nambah pengetahuan tentang bisnis online.
    mampir ke tempat ane bro

  • 28 April, 2013, 21:28

    Kebetulan mulai Januari 2013 ini saya juga memulai usaha online gan. Syukurlah sudah ada beberapa yang menggunakan jasa saya.

    Salam kenal.

  • admin
    28 April, 2013, 23:28

    wah, hebat Mas Leo… sukses ya….

  • 20 May, 2013, 19:57

    nice info sob

Leave a Comment